Kami ucapkan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada para pengunjung setia Blog ini. Semoga Anda semua selalu dilimpahkan rezeki oleh Allah SWT, AAmiin.

Senin, 28 Mei 2012

Siswa Peringkat 1 Tk. Nasional UN SMK


image
LULUSAN BERPRESTASI: Mutiarani (17) siswa peraih nilai tertinggi UN SMK nasional didamping Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Bunyamin dan Kepala SMK 2 Semarang Supriyanto. (suaramerdeka.com/ Anggun Puspita)
SEMARANG - Mutiarani (17), sungguh tidak menyangka dengan apa yang dialaminya saat ini. Meskipun sama-sama lulus seperti teman lain sebayanya, namun ada yang membuatnya lebih berbahagia. Pasalnya, siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK Negeri 2 Semarang ini tidak hanya sekadar menamatkan pendidikannya. Akan tetapi, nilai ujian nasional (UN)-nya juga berhasil meraih peringkat pertama untuk tingkat nasional di jenjang SMK.

Kumulatif nilai empat mata pelajaran yang diujikan saat UN pun hasilnya nyaris sempurna yakni, 29,60. Dengan masing-masing pelajaran Matematika (10), Bahasa Indonesia (9,8), dan Bahasa Inggris (9,8).

Ya, dengan prestasi tersebut tentu saja bukan hanya Muti (begitu panggilan akrabnya-red) yang bahagia, tapi orang tuanya, sekolah, kota, dan provinsi dimana dia berada juga turut bangga. Karena, nama gadis kelahiran Semarang 27 November 1994 ini telah mengharumkan nama almamater dan daerahnya.

Saat ditemui di sekolah menjelang detik-detik pengumuman kelulusan, Sabtu (26/5), Muti menuturkan, bahwa prestasi ini merupakan anugerah yang pantas disyukuri. Sebab, dirinya tidak menyangka akan menjadi yang terbaik se-Indonesia khusus untuk jenjang SMK.

"Lha wong hasil try out saya terakhir satu sekolah saja cuma rangking tiga, jadi mana mungkin bisa menjadi peringkat pertama di nasional," ungkapnya dengan didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Bunyamin dan Kepala SMK 2 Semarang Supriyanto.

Mutiarani tinggal di Pudakpayung Setuk RT 6/RW 4 Semarang. Dia mengaku kedua kakaknya saat ini sudah bekerja di pabrik garmen dan bengkel, sementara ibunya bekerja serabutan membantu menjaga dan merawat rumah tetangga.

Berdasarkan data peringkat siswa SMK 15 besar UN se-Indonesia dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ada tiga siswa SMK di Jateng yang menempati 10 besar, bahkan salah satunya, yakni Mutiarani menempati peringkat pertama. Peringkat kedua UN SMK secara nasional diraih siswa SMK Mitra Batik Tasikmalaya, disusul SMK Negeri 1 Katapang, Jawa Barat. Dua siswa lain dari Jateng, yakni dari SMK Negeri 1 Purwodadi Grobogan menduduki peringkat tujuh dan delapan.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar