Kami ucapkan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada para pengunjung setia Blog ini. Semoga Anda semua selalu dilimpahkan rezeki oleh Allah SWT, AAmiin.

Rabu, 26 September 2012

PEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF DENGAN TEKNIK SCAMPER

SCAMPER adalah suatu teknik yang dapat digunakan untuk memicu kreativitas dan membantu para guru dalam mengatasi setiap tantangan yang mungkin dihadapi dalam setiap melaksanakan pembelajaran siswa. SCAMPER didasarkan pada pemikiran bahwa segala sesuatu yang baru merupakan modifikasi dari sesuatu yang sudah ada.

SCAMPER merupakan akronim dari setiap huruf menggambarkan cara yang berbeda dari yang sudah ada untuk memicu dan menghasilkan ide-ide baru dalam pembelajaran, baik yang berhubungan dengan tempat, prosedur, alat, orang, ide, atau bahkan suasana psikologis:
  • S = Subtitute (Mengganti)
  • C = Combine (Menkombinasikan)
  • A = Adapt (Mengdaptasi)
  • M = Magnify (Memperbesar)
  • P = Put to Other Uses (Meletakkan ke Fungsi Lain)
  • E = Eliminate (Menghilangkan atau Mengecilkan)
  • R = Rearrange/Reverse (Mengatur ulang)
Subtitute  adalah berusaha memikirkan dan melakukan penggantian  bagian dari masalah yang berkaitan dengan proses maupun hasil pembelajaran, dengan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya.
Combine adalah berusaha memikirkan dan melakukan penggabungan dua atau lebih bagian tertentu dari masalah yang berkaitan dengan proses maupun hasil pembelajaran untuk menciptakan proses atau hasil yang berbeda.
Adapt adalah berusaha memikirkan dan melakukan adaptasi ide yang sudah ada untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan proses maupun hasil pembelajaran Anda,
Magnify adalah berusaha memikirkan dan melakukan untuk pembesaran atau perluasan ide Anda yang dapat memberikan nilai tambah atau memberikan wawasan baru tentang komponen-komponen pembelajaran apa yang paling penting.
Put to Other Uses menempatkan ide Anda saat ini ke dalam bentuk lain  sehingga dapat memecahkan masalah  proses maupun hasil pembelajaran  yang Anda hadapi.
Eliminate adalah berusaha memikirkan dan melakukan penyederhanaan, pengurangan atau penghilangan komponen-komponen tertentu sehingga Anda dapat lebih fokus pada bagian atau fungsi yang paling penting.
Rearrange/Reverse berusaha memikirkan dan melakukan upaya penyusunan atau penataan ulang yang berbeda dari komponen atau prosesur yang sudah ada  sehingga dapat memberikan nilai tambah dibandingkan dengan sebelumnya.
Untuk menggunakan teknik SCAMPER, terlebih dahulu perlu dirumuskan secara jelas masalah pokok  pembelajaran yang ingin dipecahkan, ditingkatkan  atau  dikembangkan, baik yang berkaitan dengan proses maupun hasil.  Bisa dirumuskan dalam bentuk pertanyaan, misalnya:
  • Bagaimana saya dapat meningkatkan aktivitas siswa  dalam proses pembelajaran yang saya lakukan?”
  • Bagaimana saya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran yang saya lakukan?”
  • Bagaimana saya dapat mengembangkan proses pembelajaran yang menyenangkan?”
Selanjutnya, dengan mengacu pada resep SCAMPER, rumuskan beberapa pertanyaan spesifik yang berkaitan dengan apa yang ingin Anda kembangkan dalam proses pembelajaran, sesuai dengan tantangan dan permasalahan yang Anda hadapi.
Pertanyaan-pertanyaan ini akan mendorong Anda untuk berpikir secara berbeda tentang masalah proses pembelajaran yang Anda lakukan, dan pada akhirnya Anda dapat menemukan solusi inovatif.
Berikut ini disediakan contoh format tentang beberapa pertanyaan yang dapat diajukan dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan metode pembelajaran yang Anda lakukan:
PERTANYAAN
JAWABAN
S =  ”Apa yang bisa saya ganti dalam metode pembelajaran yang saya lakukan?”
…………………………………………………….
…………………………………………………….
…………………………………………………….
C =  ”Bagaimana saya bisa menggabungkan metode pembelajaran yang saya lakukan dengan metode pembelajaran lain?”
…………………………………………………….
…………………………………………………….
…………………………………………………….
A =  ”Apa yang bisa saya adaptasi dari metode pembelajaran  yang telah dikembangkan oleh orang lain?”
…………………………………………………….
…………………………………………………….
…………………………………………………….
M =  ”Apa yang bisa saya perbesar atau perluas dari metode pembelajaran  yang saya lakukan?
…………………………………………………….
…………………………………………………….
…………………………………………………….
P = “Bagaimana saya dapat menempatkan metode pembelajaran yang saya lakukan agar dapat menghasilkan manfaat lain?”
…………………………………………………….
…………………………………………………….
…………………………………………………….
…………………………………………………….
E  = “Apa  yang bisa saya hilangkan atau sederhanakan dari metode pembelajaran yang saya lakukan?
…………………………………………………….
…………………………………………………….
…………………………………………………….
R = “Bagaimana saya dapat mengubah dan menyusun ulang metode pembelajaran yang saya lakukan?
…………………………………………………..
…………………………………………………..
…………………………………………………..

Catatan:
Tulisan ini adalah adaptasi dan modifikasi dari konsep SCAMPER yang dikembangkan dalam dunia bisnis, tentu masih perlu dielaborasi lebih jauh.  Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi dan berinovasi!

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar