Kami ucapkan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada para pengunjung setia Blog ini. Semoga Anda semua selalu dilimpahkan rezeki oleh Allah SWT, AAmiin.

Minggu, 25 November 2012

Khitanan Massal Yayasan Islam Al Mujahidin Joglo

salah seorang peserta khitan massal sedang dikhitan
Jakarta - Hari raya yatim tanggal 10  Muharram 1434 Hijriyyah, diperingati oleh umat Islam diberbagai belahan dunia. Pada Bulan ini kita dianjurkan untuk lebih memperhatikan anak yatim. Sebagaimana sahabat Anas bin Malik meriwayatkan. Suatu hari Rasulullah SAW., keluar dari rumahnya untuk melaksanakan Shalat Idul Fitri. Saat itu beliau menyaksikan anak-anak yang tengah bermain bersuka cita menyambut hari kemenangan. Diantara anak-anak yang tengah bermain itu, beliau SAW mendapati seorang anak yang tengah bersedih duduk sendiri sambil menundukkan kepalanya. Pakaian yang ia kenakan tak layak untuk dipakai untuk seusianya yang ketika hari raya menginginkan


Pemberian bingkisan/santunan oleh kepala sekolah MI
pakaian yang bagus juga baru. Rasulullah kemudian menghampiri anak itu, dengan lembut nabi mengelus kepala yang kusam dengan lembut. Lalu beliau SAW bertanya, “Wahai Anakku, apa gerangan yang membuatmu bersedih hati di saat orang lain bersuka cita pada hari ini?”
Dengan mata yang masih nanar anak kecil itu menjawab, “Ya Rajul (wahai lelaki), ayahku telah mati syahid di medan pertempuran bersama Rasulullah. Ibuku menikah lagi. Ayah tiriku merampas sisa harta peninggalan ayahku, lalu mengusir aku. Sehingga aku tak punya makanan, minuman, pakaian, apalagi tempat tinggal,” 

Anak itu masih menunduk dan menangis, tidak tahu bahwa yang ada di hadapannya adalah penghulu para nabi dan rasul, Rasulullah SAW.
“Hari ini kusaksikan teman-temanku bersuka cita karena mereka memiliki ayah, sedangkan aku…,” lanjutnya.
Pose bareng salah seorang peserta khitan massal
Rasul mendekap anak itu, lalu berkata, “Wahai anakku, apakah engkau ridha jika aku menjadi ayahmu, 'Aisyah sebagai ibumu, Ali pamanmu, Fathimah bibimu, lalu Hasan dan Husain menjadi saudaramu?”
Anak itu menengadahkan kepalanya, ia terkejut. Ternyata lelaki yang mendekapnya itu adalah panutannya, Rasulullah SAW.

Berdasarkan apa yang telah termaktub di dalam Alqur'an dan hadits Rasulullah SAW, Yayasan Pendidikan Islam Al Mujahidin  Joglo memeriahkan acara 10 Muharram 1434 Hijriyyah  atau hari raya anak yatim tahun 2012 ini dengan berbagai kegiatan sosial diantaranya adalah dengan menggelar sunnat massal bagi anak-anak kurang mampu dan yatim di lingkungan Joglo dan sekitarnya. Sekitar 23 anak-anak telah bersiap-siap untuk di khitan. Mereka sangat antusias sekali dengan acara ini. Sejak pukul 05.30 WIB mereka telah berkumpul dan siap untuk dikhitan.

Setelah dikhitan mereka mendapatkan santunan dan mereka bersalam-salaman dan berfoto bersama, kepada pihak penyelenggara atau panitia dan juga kepada Ketua Yayasan dan Kepala Sekolah serta dewan guru. lepas bersalaman mereka kembali ke rumah mereka masing-masing. Mereka sangat bergembira karena di bulan ini mereka dapat berkhitan gratis. Semoga kelak mereka menjadi anak-anak yang berguna bagi agama, bangsa, negara , dan juga bagi lingkungan sekitarnya. Kegiatan Khitan massal ini berlangsung sekitar satu jam. Kegiatan khitan massal akan menjadi salah satu agenda yayasan yang akan selalu diadakan pada kegiatan keagamaan atau sosial seperti pada acara 10 Muharram kali ini. (kheir/11 muharram 1434 H/25 Nov. 2012)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar