Kami ucapkan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada para pengunjung setia Blog ini. Semoga Anda semua selalu dilimpahkan rezeki oleh Allah SWT, AAmiin.

Selasa, 11 Desember 2012

Soal MKKP Kelas XI , UTS Ganjil TP.2011/2012

  Soal UTS Ganjil 
Mata Pelajaran : MKKP
Kelas : XI Pemasaran

I.  Pilihlah jawaban yang benar dengan memilih salah satu huruf A,B,C,D, atau E !
1.     Komunikasi adalah proses penyampaian, pengertian, dan mengandung semua unsur prosedur yangdapatmempertemukan suatu pemikiran dengan pemikiran lainnya, merupakan definisi komunikasi menurut …
  a.      Schiffman dan Kanuk             d.   Beny Kaluku
  b.     Phil Astrid Susanto                 e.   Sudarsono
  c.      Keith David
                                        
2.     Pada komunikasi, pihak yang pertama kali mempunyai ide/gagasan untuk mengirimkan berita dinamakan …
  a.      Komunikan                             d.   Komunikator
  b.     Media                                      e.   Pesan
  c.      Audiens
                
3.     Di bawah ini yang perlu diperhatikan penjual agar berhasil dalam komunikasi penjualan adalah, kecuali …
  a.      Kepribadian pelanggan                       d.   kebiasaan pelanggan
  b.     Sikap pelanggan                                 e.   perilaku pelanggan
  c.      Daya beli pelanggan

4.     Media/jalur komunikasi yang digunakan dalam bentuk media impersonal disebut juga …
  a.      Mass media                 c.   Media khusus                    e.   Media nonverbal
  b.     Media verbal               d.   Sinyal

5.     Proses dimana pesan diubah menjadi sinyal yang dapat diterima oleh audien dinamakan …
  a.      Sinyal                          c.   Respon                              e.   Encoding
  b.     Audien                        d.  Decoding


6.     Di bawah ini yang bukan merupakan reaksi setelah audiens menerima komunikasi penjualan adalah …
  a.      Audiens bias terpicu untuk menyadari kebutuhan akan kategori produk yang dikomunikasikan
  b.     Audiens akan menerima adanya merek yang dikomunikasikan
  c.      Audiens bisa bersikap positif terhadap merek/produkk yang dikomunikasikan
  d.     Audiens bisa mempunyai maksud untuk membeli merek/produk yang dikomunikasikan
  e.      Audiens bisa menunjukkan berbagai macam perilaku seperti menghindari pramuniaga

7.     Komunikasi antara salesman dan calon pelanggan dimana salesman berperan sebagai pengirim dan calon pelanggan sebagai penerima informasi tentang produk yang ditawarkan. Merupakan contoh komunikasi …
  a.      Massa                          c.   Langsung                          e.   Impersonal
  b.     Formal                        d.   Informal

8.     Komunikasi yang tidak terkait oleh peraturan dan ketentuan kedinasan dan materi yang dikomunikasikan sesuai dengan kondisi dan situasi dinamakan komunikasi …
  a.      Massa                          c.   Langsung                          e.   Impersonal
  b.     Formal                        d.   Informal
9.     Jika penerima pesan biasanya para pembaca, pendengar, dan pemirsa artinya komunikasi yang digunakan perusahaan menggunakan komunikasi …
  a.      Massa                          c.   Langsung                          e.   Tidak Langsung
  b.     Formal                        d.   Informal

10.  Contoh komunikasi lisan adalah …
  a.      Berdebat dengan mengirim pesan                               d.   Memberikan gambar
  b.     Mengisi blangko                                                         e.   Menulis naskah
  c.      Berdebat, berdialog, dan wawancara

11.  Komunikasi melalui telepon, surat kabar, atau majalah merupakan jenis komunikasi …
  a.      Secara tidak langsung             c.   Horizontal                         e.   Tertulis
  b.     Secara langsung                     d.   Vertikal

12.  Komunikasi-komunikasi berlangsung antarpegawai/antarkaryawan pada tingkat/kedudukan yang berbeda-beda dinamakan komunikasi …
  a.      Vertikal sejajar                       c.   Vertikal ke atas                 e.   Diagonal
  b.     Satu arah                                d.  Vertikal

13.  Salah satu keuntungan menggunakan media komunikasi eksternal adalah …
 a.      Mampu menjangkau audiens yang banyak dalam waktu yang singkat
 b.     Dapat tepat sasaran pada audiens yang kita inginkan
 c.      Tidak banyak menelan biaya
 d.     Mempermudah komunikator dalam menyampaikan informasi
 e.      Terjamin kerahasiaannya

14.  Dibawah ini yang bukan meruoakan peranan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari …
 a.      Mengungkapkan buah pikiran seseorang
 b.     Mengbangkitkan minat pendengar dan pembaca
 c.      Alat hubungan kemanusiaan yang baik
 d.     Memelajari sifat-sifat masyarakat
 e.      Menghambat audiens dalam memahami informasi berita

15.  Salah satu penyebab terhambatnya proses komunikasi adalah …
 a.      Kesamaan latar belakang pendidikan
 b.     Keumuman dalam menyajikan informasi
 c.      Jarak yang terlalu jauh antara komunikan dengan komunikator
 d.     Kemampuan dalam mengenal tradisi masing-masing
 e.      Kesamaan pengetahuan para pelaku dalam komunikasi

16.  Salah satu kunci agar komunikasi dengan calon pelanggan berhasil adalah dengan …
 a.      Komunikasi yang mampu membuat calon pelanggan takjud
 b.     Komunikasi yang jujur dan terbuka
 c.      Komunikasi yang ditujukan agar calon pelanggan senang
 d.     Komunikasi yang tidak bertele-tele
 e.      Komunikasi yang singkat sehingga calon pelanggan tidak bosan

17.  Komunikasi dikatakan efektif jika antara komunkator dengan komunikan terdaoat rasa saling percaya. Hal ini disebut juga …
 a.      Credibility                              c.   Continuity and consistency          e.   Clarity
 b.     Content                                   d.   Context

18.  Jika saat pelanggan memberikan sinyal dengan diam sejenak maka sebagai penjual harus bertindak …
 a.      Segera mengalihkan pembicaraan
 b.     Sesegera mungkin member pertanyaan kepada calon pelanggan
 c.      Memberi kesempatan kepada calon pelanggan untuk mencerna informasi yang diterimannya
 d.     Segera melakukan penutupan penjualan
 e.      Memberikan barang lain sebagai contoh agar calon pelanggan lebih tertarik

19.  Dalam komunikasi untuk menekankan atas kata yang kita ucapkan maka harus disertai …
 a.      Gerakan isyarat baik tangan atau tubuh
 b.     Senyuman yang lebar
 c.      Membuat catatan
 d.     Memberikan gambar
 e.      Pernyataan yang jelas disertai dengan contoh-contoh

20.  Di bawah ini yang bukan merupakan bahasa tubuh positif pelanggan adalah …
  a.      Anggukan                                            d.   Bergerak mendekat dan menyerang ke depan
  b.     Banyak gerakan tangan                        e.   Membuat catatan
  c.      Memberikan banyak pertanyaan

21.  Media komunikasi mampu mempersingkat waktu penyampaian informasi kepada komunikan, artinya memiliki fungsi …
  a.      Motivasi                                  c.   Menyingkatkan                             e.   Penyampai
  b.     Konkret                                   d.   Efektifitas dan efesiensi

22.   Jenis media komunikasi audio visual dalam komunikasi kelompok yang bersifat langsung dinamakan …
  a.      Radio                                       c.   Kunjungan                        e.   Pertemuan
  b.     Media komunikasi umum          d.   Telepon

23.  Contoh dari media komunikasi audio adalah …
  a.      Radio                           c.   Televisi                             e.   Internet
  b.     Koran                          d.   Majalah

24.  Surat sebaiknya mencerminkan sikap yang adab dan sopan, artinya …
  a.      Pernyataan yang digunakan sesuai dengan kaidah bahasa yang benar
  b.     Pernyataan yang digunakan sopan, simpatik, serta tidak menyinggung perasaan penerima surat
  c.      Mencerminkan citra positif dari pengirimnya
  d.     Pernyataan surat membuat si penerima menjadi senang
  e.      Pernyataan disesuaikan dengan perkembangan jaman

25.  Pada umumnya, untuk surat dinas pada kertas ukuran A4 (kuarto) atau folio dan ukuran A5 atau setengah folio digunakan sampul …
  a.      Nomor 6 (105 mm x 227 mm)                       d.   Nomor 9 (176 mm x 250 mm)
  b.     Nomor 7 (115 mm x 245 mm)                       e.   Nomor 10 (229 mm x 324 mm)
  c.      Nomor 8 (120 mm x 270 mm)

26.  Bagian surat yang berfungsi sebagai sarana untuk memperkenalkan atau mempromosikan instasi pengirim surat adalah …
  a.      Isi surat                                   c.   Pernyataan penutup          e.   Kaki surat
  b.     Kalimat surat                           d.   Kepala surat

27.  Untuk memberitahukan kepada penerima surat bahwa ada sesuatu uang disertakan bersama surat diberi kalimat …
  a.      Tambahan                               c.   Lampiran                          e.   Jumlah
  b.     Foot note                                d.   Tembusan

28.  Garis kewenangan digunakan jika surat dinas ditandatangani oleh …
  a.      Pejabat yang mendapat pelimpahan dari pejabat yang berwenang
  b.     Orang yang diserahi tugas untuk menandatangani
  c.      Pejabat di luar kewenangannya
  d.     Pejabat yang sudah memiliki kewenangan tinggi
  e.      Pejabat yang diakui oleh karyawan lain       

29.  Di bawah ini yang bukan merupakan surat dagang atau niaga adalah …
  a.      Surat pesanan                                      d.  Surat balasan            
  b.     Surat penawaran                                  e.  Surat penolakan pesanan
  c.      surat pengiriman pesanan

30.  Dokumen yang berfungsi sebagai surat perintah penyerahan barang kepada pembawa surat tersebut dinamakan …
  a.      Purchase order                          c.   delivery order                   e.   bill of loading
  b.     Invoice                                      d.   travelers check

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar