KISI-KISI TKM KELAS XII SMK TAHUN 2012/2013
Jenis Sekolah : SMK semua jurusan
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Jumlah Soal : 50 Soal
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Kurikulum : KTSP
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
BAHAN KLS/SMT
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO SOAL
|
1
|
LISTENING
SECTION
Memahami kata-kata dan istilah asing serta kalimat
sederhana berdasarkan rumus
|
X/2
|
PICTURE
Describing
Location
|
Disajikan
sebuah gambar dan diperdengarkan empat pernyataan yang mendeskripsikan gambar
tersebut, siswa dapat menentukan satu pernyataan yang tepat tentang keadaan
suatu tempat sesuai dengan gambar.
|
1
|
2
|
Memahami monolog yang muncul pada situasi kerja tertentu
|
XII/1
|
On-going events (indoor activity)
|
Disajikan sebuah
gambar dan diperdengarkan empat pernyataan yang mendeskripsikan gambar
tersebut, siswa dapat menentukan satu pernyataan yang tepat tentang
kegiatan/peristiwa yang sedang berlangsung di dalam ruangan/gedung (indoor) sesuai dengan gambar.
|
|
3
|
Memahami ungkapan-ungkapan dasar pada interaksi sosial
untuk kepentingan kehidupan
|
X/1
|
Describing people
|
Disajikan
sebuah gambar dan diperdengarkan empat pernyataan yang mendeskripsikan gambar
tersebut, siswa dapat menentukan satu pernyataan yang tepat tentang lokasi
suatu benda/posisi seseorang sesuai dengan gambar.
|
3
|
4
|
Memahami percakapan
terbatas dengan penutur asli
|
XII/1
|
QUESTION-RESPONSE
Permission
|
Diperdengarkan sebuah pertanyaan dengan tiga pilihan jawaban, siswa dapat
menentukan satu respon yang tepat terhadap ungkapan tentang
permintaan/pemberian ijin.
|
4
|
5
|
Memahami percakapan terbatas dengan penutur asli
|
XII/1
|
Expressing
offers
|
Diperdengarkan sebuah pertanyaan dengan tiga pilihan
jawaban, siswa dapat menentukan satu respon yang tepat terhadap ungkapan
tentang penawaran.
|
5
|
6
|
Menghasilkan
tuturan sederhana yang cukup untuk fungsi-fungsi dasar.
|
X/1
|
Symphaty
|
Diperdengarkan sebuah pertanyaan dengan tiga pilihan jawaban, siswa dapat
menentukan satu respon yang tepat terhadap ungkapan tentang perasaan
bersimpati.
|
6
|
7
|
Memahami
ungkapan- ungkapan dasar pada interaksi social untuk kepentingan kehidupan.
|
X/1
|
Preference
|
Diperdengarkan
sebuah pertanyaan dengan tiga pilihan jawaban, siswa dapat menentukan satu
respon yang tepat terhadap ungkapan rasa pilihan.
|
7
|
8
|
Memahami percakapan terbatas dengan penutur asli
|
XII/1
|
SHORT CONVERSATION
Making and Taking Reservations
|
Diperdengarkan sebuah percakapan singkat yang mengungkapkan pemesanan
sesuatu dan disajikan sebuah pertanyaan dengan empat pilihan jawaban, siswa
dapat menentukan satu jawaban yang tepat berkaitan dengan informasi rinci
tersurat dalam percakapan.
|
8
|
9
|
Menceritakan pekerjaan di masa lalu dan rencana kerja
yang akan datang
|
XI / 1
|
Simple
past
|
Diperdengarkan
sebuah percakapan singkat yang menceritakan kejadian masa lampau dan
disajikan sebuah pertanyaan dengan empat pilihan jawaban, siswa dapat
menentukan satu jawaban yang tepat berkaitan dengan informasi rinci tersurat
dalam percakapan.
|
9
|
10
|
Memahami percakapan sederhana sehari-hari baik dalam
konteks profesional maupun pribadi dengan orang bukan penutur asli
|
XI/1
|
Daily activity
|
Diperdengarkan sebuah percakapan singkat yang
menceritakan kegiatan sehari-hari dan disajikan sebuah pertanyaan dengan
empat pilihan jawaban, siswa dapat menentukan satu jawaban yang tepat
berkaitan dengan informasi rinci tersurat dalam percakapan.
|
10
|
11
|
Memahami
kata-kata dan istilah asing serta kalimat sederhana berdasarkan rumus.
|
X/2
|
Asking
direction/location
|
Diperdengarkan
sebuah percakapan singkat yang menanyakan suatu lokasi/arah dan disajikan
sebuah pertanyaan dengan empat pilihan jawaban, siswa dapat menentukan satu
jawaban yang tepat berkaitan dengan informasi rinci tersurat dalam
percakapan.
|
11
|
12
|
Memahami monolog yang muncul pada situasi kerja tertentu
|
XII/1
|
SHORT TALK
Announcement
|
Diperdengarkan sebuah pemberitahuan singkat tentang
penawaran barang/jasa, dan disajikan sebuah pertanyaan dengan empat pilihan
jawaban, siswa dapat menentukan satu jawaban yang tepat berkaitan dengan:
-
informasi tersirat dalam iklan tersebut
|
12
|
13
|
Memahami monolog yang muncul pada situasi kerja
tertentu
|
XII/1
|
Announcement
|
Diperdengarkan sebuah
pemberitahuan singkat tentang penawaran barang/jasa, dan disajikan sebuah
pertanyaan dengan empat pilihan jawaban, siswa dapat menentukan satu jawaban
yang tepat berkaitan dengan:
- informasi
tertentu dalam iklan tersebut
|
13
|
14
|
Memahami monolog yang muncul pada situasi kerja tertentu
|
XII/1
|
Advertisement
|
Diperdengarkan sebuah iklan singkat tentang penawaran
barang/jasa, dan disajikan sebuah pertanyaan dengan empat pilihan jawaban,
siswa dapat menentukan satu jawaban yang tepat berkaitan dengan:
-
informasi tertentu dalam iklan tersebut
|
14
|
15
|
Memahami monolog yang muncul pada situasi kerja
tertentu
|
XII/1
|
Advertisement
|
Diperdengarkan sebuah iklan
singkat tentang penawaran barang/jasa, dan disajikan sebuah pertanyaan dengan
empat pilihan jawaban, siswa dapat menentukan satu jawaban yang tepat
berkaitan dengan:
- informasi
tersirat dalam iklan tersebut
|
15
|
16
|
READING
SECTION
Memahami percakapan terbatas dengan penutur asli
|
XII/1
|
INCOMPLETE DIALOGUE
Suggestion
|
Disajikan sebuah pecakapan rumpang
yang mengungkapkan permohonan/pemberian
saran, disertai empat pilihan jawaban, siswa dapat memilih ungkapan/frase
yang sesuai dengan
konteks.
|
16
|
17
|
Memahami
percakapan sederhana sehari-hari baik dalam konteks profesional maupun
pribadi dengan orang bukan penutur asli
|
XI/1
|
Daily
activity
|
Disajikan
sebuah percakapan rumpang yang menceritakan kejadian sehari-hari, disertai
empat pilihan jawaban, siswa dapat memilih
ungkapan/frase yang berhubungan dengan konteks.
|
17
|
18
|
Mencatat pesan-pesan sederhana baik dalam interaksi langsung maupun
melalui alat
|
XI
/ 1
|
Handling
Telephone
|
Disajikan sebuah percakapan yang
mengungkapkan penanganan telepon, disertai empat pilihan jawaban, siswa dapat
memilih kalimat/frase yang sesuai dengan konteks.
|
18
|
19
|
Mengungkapkan
berbagai macam maksud hati.
|
XI/2
|
Invitation
|
Disajikan
sebuah percakapan rumpang yang mengungkapkan pernyataan undangan, disertai
empat pilihan jawaban, siswa dapat memilih
respon yang berhubungan dengan undangan.
|
19
|
20
|
Memahami percakapan
terbatas dengan penutur asli
|
XII/1
|
Complaint
|
Disajikan sebuah percakapan rumpang
yang mengungkapkan keluhan, disertai empat pilihan jawaban, siswa dapat
memilih kalimat/frase yang seusai dengan konteks.
|
20
|
21
|
Memahami
kata-kata dan istilah asing serta kalimat sederhana berdasarkan rumus.
|
XI/1
|
Conditional type 2/3
|
Disajikan
sebuah percakapan rumpang yang mengungkapkan pengandaian yang masih mungkin terjadi
(conditional type 2/3)
disertai empat pilihan jawaban, siswa dapat memilih ungkapan/frase yang
sesuai dengan konteks.
|
21
|
22
|
Mengungkapkan berbagai macam maksud hati.
|
XI/1
|
Agreement
|
Disajikan sebuah percakapan rumpang yang mengungkapkan
persetujuan disertai empat pilihan jawaban, siswa dapat memilih ungkapan yang sesuai dengan konteks.
|
22
|
23
|
Memahami
kata-kata dan istilah asing serta kalimat sederhana berdasarkan rumus.
|
X/2
|
Asking for direction/ location
|
Disajikan
sebuah percakapan rumpang yang mengungkapkan lokasi sebuah tempat/gedung
disertai empat pilihan jawaban, siswa dapat memilih frase/ungkapan yang sesuai dengan
konteks
|
23
|
24
|
Memahami percakapan
terbatas dengan penutur asli
|
XII
/ 1
|
Possibility
|
Disajikan sebuah percakapan rumpang yang
mengungkapkan pernyataan kemungkinan
disertai empat pilihan jawaban, siswa dapat memilih kalimat/frase yang berhubungan dengan suatu kemungkinan.
|
24
|
25
|
Menjelaskan
secara sederhana kegiatan yang sedang terjadi
|
X/2
|
Present continous
|
Disajikan
sebuah percakapan rumpang yang mengungkapkan kejadian /
peristiwa yang sedang terjadi
disertai empat pilihan jawaban, siswa dapat memilih frase/ungkapan yang
sesuai dengan konteks.
|
25
|
26
|
Mengungkapkan berbagai macam maksud hati.
|
XI/2
|
Asking for help
|
Disajikan
sebuah percakapan rumpang yang mengungkapkan pernyataan
permohonan bantuan
disertai empat pilihan jawaban, siswa dapat memilih frase/ungkapan yang
sesuai dengan konteks.
|
26
|
27
|
Menceritakan pekerjaan di masa lalu dan rencana kerja
yang akan datang
|
XI / 1
|
Talking about Past Events
|
Disajikan
sebuah percakapan rumpang yang mengungkapkan kegiatan di masa lampau,
disertai empat pilihan jawaban, siswa dapat memilih kalimat/frase yang sesuai
dengan konteks.
|
27
|
28
|
Memahami
percakapan sederhana sehari-hari baik dalam konteks professional maupun
pribadi dengan orang bukan penutur asli.
|
XII/1
|
Making reservation
|
Disajikan sebuah percakapan rumpang yang mengungkapkan
reservasi tiket perjalanan/hotel/restaurant, disertai empat pilihan jawaban, siswa dapat memilih respon yang sesuai dengan konteks.
|
28
|
29
|
Memahami percakapan terbatas dengan penutur asli
|
XII/1
|
Offering
|
Disajikan
sebuah percakapan rumpang yang mengungkapkan penawaran, disertai empat
pilihan jawaban, siswa dapat memilih
respon yang sesuai dengan konteks.
|
29
|
30
|
Mengungkapkan
berbagai macam maksud hati
|
X/2
|
Permission
|
Disajikan sebuah percakapan rumpang yang mengungkapkan
perijinan, disertai empat pilihan jawaban,
siswa dapat memilih respon yang
sesuai dengan konteks.
|
30
|
31
|
Mendeskripsikan benda-benda, orang, ciri-ciri, waktu, hari, bulan, dan
tahun
|
X / 1
|
ERROR
RECOGNITION
Degrees
of comparison
|
Disajikan
sebuah monolog/percakapan pendek dengan empat bagian kata/frase yang
digaris bawahi, siswa dapat memilih satu kata/frase yang salah berkaitan
dengan “degrees of comparison”.
|
31
|
32
|
Mendeskripsikan
benda-benda, orang, ciri-ciri, waktu, hari, bulan, dan tahun
|
X
/ 1
|
Adjective Clause
|
Diberikan sebuah dialog
singkat dengan 4 kata/ frase yang digarisbawahi, siswa dapat menentukan satu
kata/frase yang salah atau memerlukan perbaikan berkaitan dengan ungkapan
deskripsi benda (adjective clause).
|
32
|
33
|
Memahami percakapan terbatas dengan penutur
asli
|
XII/1
|
Asking
for permission
|
Diberikan
sebuah dialog
singkat dengan 4 kata/ frase yang digarisbawahi, siswa dapat menentukan satu
kata/frase yang salah atau memerlukan perbaikan berkaitan dengan ungkapan
permintaan/pemberian ijin.
|
33
|
34
|
Menyebutkan
benda-benda, orang, ciri-ciri, waktu, hari, bulan dan tahun.
|
X/1
|
Describing people
|
Disajikan
sebuah monolog/percakapan pendek yang menjelaskan
ciri-ciri seseorang
dengan empat bagian kata/frase yang digaris bawahi, siswa dapat memilih satu
kata/frase yang salah berkaitan dengan “physical
appearance”.
|
34
|
35
|
Memahami instruksi-instruksi
sederhana.
|
XI/2
|
Conditional type 2
|
Diberikan
sebuah dialog singkat dengan 4 kata/ frase yang digarisbawahi, siswa dapat
menentukan satu kata/frase yang salah atau memerlukan perbaikan berkaitan
dengan kalimat pengandaian tipe 2.
|
35
|
36
|
Mengungkapkan berbagai macam maksud hati
|
X/1
|
Symphaty
|
Diberikan sebuah dialog singkat dengan 4 kata/ frase
yang digarisbawahi, siswa dapat menentukan satu kata/frase yang salah atau
memerlukan perbaikan berkaitan dengan ungkapan
simpati
|
36
|
36
|
Menceritakan pekerjaan di masa lalu dan rencana kerja
yang akan datang
|
XI / 1
|
READING
COMPREHENSION
Job experience in the past
|
Disajikan
sebuah teks yang mengungkapkan pengalaman kerja seseorang yang diikuti 3 soal
dengan 4 pilihan jawaban, siswa dapat menentukan:
-
Gambaran umum dalam bacaan
-
informasi
tersurat dalam bacaan
- sinonim
sebuah kata/frase dalam bacaan
|
37, 38, 39
|
37
|
Memahami surat-surat bisnis sederhana
|
XII
/ 1
|
Business letter
|
Disajikan
sebuah
- informasi
tersurat dalam surat
- informasi
tersirat dalam surat
|
40, 41
|
38
|
Membuat pesan-pesan pendek, petunjuk dan
daftar dengan pilihan kata, ejaan dan tata tulis yang berterima
|
XI / 2
|
Expressing fact and
figures
|
Disajikan
sebuah table atau diagram yang diikuti 3 soal dengan 4 pilihan jawaban, siswa
dapat menentukan:
-
gambaran umum
dalam bacaan
- informasi
rinci tersurat dalam bacaan
- informasi
rinci tersirat dalam bacaan
|
42, 43, 44
|
39
|
Memahami monolog yang muncul pada situasi kerja tertentu
|
XII/1
|
Advertisement
|
Disajikan
sebuah iklan
yang diikuti 3 soal dengan 4 pilihan jawaban, siswa dapat menentukan:
-
gambaran umum
dalam bacaan
- informasi
rinci tersurat dalam bacaan
- sinonim
sebuah kata/frase dalam bacaan
|
45, 46, 47
|
40
|
Memahami instruksi-instruksi sederhana
|
XII/1
|
Describing Process/manuals
|
Disajikan
sebuah teks yang mengungkapkan prosedur kegiatan di bank/kantor pos/kantor
lainnya yang diikuti 3 soal dengan 4 pilihan jawaban, siswa dapat menentukan:
- gambaran
umum dalam bacaan
- informasi
tersurat dalam bacaan
- main
idea dalam bacaan
|
48, 49, 50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar