Kami ucapkan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada para pengunjung setia Blog ini. Semoga Anda semua selalu dilimpahkan rezeki oleh Allah SWT, AAmiin.

Minggu, 15 April 2012

Hasil UN Menjadi Syarat Masuk PTN

Yogyakarta - Hasil Ujian Nasional (UN) sampai saat ini baru menjadi syarat kelulusan siswa. Namun jika hasil UN tingkat SMA tahun 2012 kredibel, dapat menjadi syarat masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

"Kalau hasilnya kredibel, dapat dipertanggungjawabkan. Sesuai PP 19 Tahun 2005, harusnya bisa untuk syarat masuk PTN," kata anggota Koordinator UN tingkat pusat,
Prof Dr Djemari Mardapi kepada wartawan dalam Sosialisasi UN 2012 di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY, Rabu (28/12/2011).

Djemari mengatakan usulan itu sudah mendapat lampu hijau dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dan Ditjen Dikti. Namun Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) masih menunggu hasil UN yang digelar 16 April 2012.


"Selain itu harus ada kesepakatan dengan majelis rektor seluruh Indonesia," kata anggota BSNP itu.

Menurut dia, kredibilitas pelaksanaan UN akan diukur melalui beberapa indikator. Salah satu di antaranya mulai dari laporan dari pengawas, guru dan perguruan tinggi (PT) yang ditunjuk hingga perbandingan hasil UN antar daerah.

"Kami berharap tim evaluasi masing-masing daerah dapat menyelesaikan tugasnya sebelum pelaksanaan ujian seleksi di tingkat PTN. Dari hasil itu PTN bisa menetapkan kebijakan tersebut dalam menjaring mahasiswa," katanya.

Untuk komposisinya lanjut dia, akan diserahkan kepada masing-masing PTN sampai ada keputusan resmi Mendikbud. Dengan demikian sangat dimungkinkan masing-masing PTN bebas menentukan komposisi seleksi mahasiswa baru.

"Rasio perbandingannya bisa 50 persen UN dan 50 persen ujian mandiri. Tergantung kemampuan masing-masing PTN," pungkas dia.(Dikutip dari detik News)

Tertanda



Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar