Kami ucapkan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada para pengunjung setia Blog ini. Semoga Anda semua selalu dilimpahkan rezeki oleh Allah SWT, AAmiin.

Selasa, 17 April 2012

Iran, Pencegah Arogansi Israel di Timteng


Selasa, 17 April 2012, 06:52 WIB
Kepala juru runding nuklir Iran, Saeed Jalili.

REPUBLIKA.CO.ID, Mantan penasihat Presiden George W. Bush, Hillary Mann Leverett, mengatakan Israel khawatir kepentingan keamanan strategisnya terancam oleh Iran dengan kemampuan aktivitas nuklir.

IRNA, Senin (16/4) melaporkan, Leverett kepada CNN, menolak keberadaan segala bentuk dukumen yang menunjukkan pengalihan program nuklir Iran ke tujuan militer. Dikatakannya, kekhawatiran utama Israel adalah karena Iran merupakan penghalang langkah-langkah Israel dan pencegah arogansi Zionis di kawasan Timur Tengah.


Pakar Timur Tengah ini menjelaskan, "Dari sudut lain, jika Israel kembali ingin menyerang Jalur Gaza dan Lebanon, maka rezim itu perlu lebih mempertimbangkan manuver-manuvernya."

Menanggapi tudingan beberapa negara Barat bahwa Iran mengejar program nuklir militer, Leverett menegaskan, "Saya sama sekali tidak menemukan bukti dan dokumen yang menunjukkan misi militer program nuklir Republik Islam."

Dia juga mengingatkan bahwa Badan Energi Atom Internasional (IAEA) sama sekali tidak menemukan bukti itu dan dinas-dinas intelijen Amerika Serikat bahkan tidak pernah punya bukti tentang tudingan tersebut.

Berbicara tentang Traktat Non-Proliferasi Nuklir (NPT) dan komitmen Iran terhadap perjanjian itu, dosen Universitas Yale ini mengatakan, protokol tambahan tidak ada dalam NPT sehingga IAEA boleh melakukan inspeksi lebih terhadap situs-situs nuklir sesuai kehendak Barat.

"Iran antara tahun 2003 hingga 2005 secara sukarela melaksanakan protokol tambahan, akan tetapi AS sepanjang masa itu sama sekali tidak bekerjasama. Oleh karena itu, apa yang dilakukan Iran saat ini adalah melaksanakan NPT dan bukan tindakan yang keluar dari itu," jelasnya.

Leverett menegaskan, Imam Khomeini ra dan Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei juga mengharamkan senjata pembunuh massal, termasuk senjata nuklir.
Redaktur: Djibril Muhammad

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar