Dalam
satu kesempatan pelatihan pengawas sekolah, Endang Abutarya (2007)
mengetengahkan tentang 10 megatrend tentang belajar untuk saat ini dan
ke depannya.
Kesepuluh trend tersebut adalah:
(1) belajar melalui kehidupan kita;
(2) belajar dalam organisasi, institusi,
asosiasi, jaringan;
(3) belajar berfokus pada kebutuhan nyata;
(4)
belajar dengan seluruh kemampuan otak;
(5) belajar bersama;
(6) belajar
melalui multi media, teknologi, format, dan gaya;
(7) belajar langsung
dari berpikir;
(8) belajar melalui pengajaran/pembelajaran;
(9) belajar
melalui sistem pendidikan kita yang akan berubah cepat untuk membantu
belajar sepanjang hayat dan masyarakat belajar; dan
(10) belajar
bagaimana belajar.
Sementara itu, terkait dengan proses
pembelajaran, bahwa dalam pembelajaran harus dapat:
(1) meningkatkan
pemahaman dan memperbaiki proses belajar;
(2) mendorong prakarsa belajar
siswa;
(3) mempreskripsikan strategi yang optimal;
(4) kondisi
membelajarkan siswa secara simultan;
(5) memudahkan proses internal yang
belajar; dan
(6) menjadikan belajar lebih efektif, efisien, dan
menarik.
Pada kesempatan pelatihan ini Endang Abutarya menjelaskan pula
tentang tiga teori belajar utama: (1) behaviorisme;
(2) kognitivisme,
dan
(3) konstruktivisme.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar