Kami ucapkan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada para pengunjung setia Blog ini. Semoga Anda semua selalu dilimpahkan rezeki oleh Allah SWT, AAmiin.

Minggu, 15 Juli 2012

Perbedaan Mendidik,Mengajar, dan Melatih

Menurut Jean-Jacques RousseMenurut Jean-Jacques Rousseau dalam Closson (1999), mendidik adalah memberikan pembekalan yang tidak ada pada masa kanak-kanak tapi dibutuhkan pada masa dewasa.

Menurut Usman (1994:3), mengajar adalah membimbing siswa dalam kegiatan belajar mengajar atau mengandung pengertian bahwa mengajar merupakan suatu usaha mengorganisasi lingkungan dalam hubungannya dengan anak didik dan bahan pengajaran yang menimbulkan terjadinya proses belajar.

Menurut Sarief (2008), melatih pada hakekatnya adalah suatu proses kegiatan untuk membantu orang lain (atlet) mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dalam usahanya mencapai tujuan tertentu.


Jadi dapat disimpulkan bahwa mendidik dan melatih merupakan kegiatan yang lebih spesifik dibandingkan dengan mengajar. Mendidik adalah kegiatan memberikan bekal kepada anak, hal-hal yang bermanfaat bagi mereka setelah dewasa kelak. Kemudian, melatih merupakan kegiatan mempersiapkan diri bagi atlet untuk mencapai suatu prestasi. Sedangkan mengajar adalah kegiatan memberikan bimbingan kepada siswa untuk belajar lebih baik, tidak terpaku oleh penggolongan siswa.

Referensi:
  • Closson, Don. 1999. Belajar Rousseau: An Interesting Madman. http://www.leaderu.com/orgs/probe/docs/rousseau.html
  • Sarief, Gumelar Agusman. 2008. Apa Melatih Itu ?. http://coach94.wordpress.com/2008/06/25/apa-melatih-itu/
  • Usman, Moh. Uzer. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  • au dalam Closson (1999), mendidik adalah memberikan pembekalan yang tidak ada pada masa kanak-kanak tapi dibutuhkan pada masa dewasa.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar