Kami ucapkan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada para pengunjung setia Blog ini. Semoga Anda semua selalu dilimpahkan rezeki oleh Allah SWT, AAmiin.

Kamis, 05 Juli 2012

Definisi Perencanaan Pembelajaran

Sebelum mengetahui makna dari pencanaan pembelajaran, tentu kita harus mengetahui dulu apa itu perencanaan.Ada beberapa pendapat menurut para ahli, diantaranya:-

Herbert Simon- (1996)Perencanaan adalah sebuah proses pemecahan masalah, yang bertujuan adanya solusi dalam suatu pilihan. 

Gordon Rowland- (1993)Perencanan bukan hanya membantu untuk mencipkan solusi tapi juga membantu untuk lebihmemahami permasalahan itu sendiri, jadi sebuah usulan lebih diutamakan dibanding informasi awal. Proses perencaan menggiring kitauntuk berfikir kembali atau merangkai masalah kembali. 

See Sabon- (1987)Perencanaan membantu kita melihat masalah dalam pemikiran yang baru, pandangan yang berbedadari yang lain, dan lebih baik dalam memahami masalah yang kompleksmenjadi lebih sederhana. 


Cristoper Clark- (1995)Baginya guru adalah perencana, jadi guru yang profesional, aktif, siap untuk memberikan pembelajaran dan dengan cara penyampaian yang unik adalah guru yang punya perencanaan baik.Jadi, kesimpulan yang dapat kita ambil dari pendapat para ahli diatas adalah bahwa perencanaanmerupakan suatu proses pemecahan masalah untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.Berikut definisi tentang perencanaan pembelajaran:

Branch- (2002)Suatu sistem yang berisi prosedur untuk mengembangkan pendidikan dengan cara yang konsistendan reliable.-Ritchy-Ilmu yang merancang detail secara spesifik untuk pengembangan, evaluasi dan pemeliharaan situasidengan fasilitas pengetahuan diantara satuan besar dan kecil persoalan pokok. 

Smith & Ragan-(1993) Proses sistematis dalam mengartikan prinsip belajar dan pembelajaran kedalam rancanganuntuk bahan dan aktifitas pembelajaran.(1999) Proses sistematis dan berfikir dalam mengartikan prinsip belajar dan pembelajaran kedalamrancangan untuk bahan dan aktifitas pembelajaran, sumber informasi dan evaluasi. 

Zook- (2000)Proses berfikir sistematis untuk membantu pelajar memahami (belajar)Definisi lain mengenai Perencanaan Pembelajaran adalah proses membantu guru secara sistematik dan menganalisis kebutuhan pelajar dan menyusun kemungkinan yang berhubungan dengankebutuhan

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar