Kami ucapkan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada para pengunjung setia Blog ini. Semoga Anda semua selalu dilimpahkan rezeki oleh Allah SWT, AAmiin.

Rabu, 10 Oktober 2012

DEFINISI PENDIDIK DALAM PANDANGAN ISLAM

Secara etimologi pendidik dalam bahasa Inggris adalah teacher artinya mengajar, tutor berarti guru pribadi, dalam bahasa Jepang, guru disebut sensei atinya”yang lebih dulu lahir, yang lebih tua”, dalam bahasa Jerman “der Lehrer” yang berarti pengajar. Dalam dalam bahasa Arab, pendidik disebut dengan murrabbi, mu’allim, mu’addib, mudarris, dan mursyid, sering juga istilah pendidik kadang kala disebut melalui gelarnya, seperti istilah ustadz dan al-syayk.
Sedangkan menurut terminologi, sebagaimana teori barat yang dikutip Ahmad Tafsir pendidik dalam Islam adalah orang-orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan peserta didiknya dengan upaya mengembangkan seluruh potensi peserta didik, baik potensi afektif (rasa), kognitif (cita), maupun psikomotorik (karsa). Ahmad Tapsir menambahkan, pendidik adalah siapa saja yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik, selanjutnya dalam Islam orang yang paling bertanggung jawab adalah orang tua (ayah, Ibu) anak didik.
           Pendapat lain seperti Suryosubrata yang dikutip oleh Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakkir dalam bukunya yang berjudul Ilmu Pendidikan Islam, pendidik adalah orang dewasa yang bertanggung jawab memberi pertolongan pada peserta didik nya dalam perkembangan jasmani dan rohaninya, agar mencapai tingkat kedewasaan, mampu berdiri sendiri dan memenuhi tingkat kedewasaannya, mampu mandiri dalam memenuhi tugasnya sebagai hamba dan khalifah Allah SWT. Dan mampu melakukan tugas sebagai makhluk sosial dan sebagai makhluk individu yang mandiri.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar