Kami ucapkan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada para pengunjung setia Blog ini. Semoga Anda semua selalu dilimpahkan rezeki oleh Allah SWT, AAmiin.

Selasa, 30 Oktober 2012

SYARAT MENUNTUT ILMU

MERENUNG YUK SEJENAK .

Kali ini kita akan membahasa sedikit ta'lim dari  kitab Ta’limul Muta’allim (تعليم المتعلم) membahas tentang syarat menuntut ilmu bagi seorang murid.
الا لا تنال العلم الا بستة سأنبيك عن مجموعها ببيان
ذكاء وحرص واصطباروبلغة وارشاد استاذ وطول زمان
“Ingatlah, engkau tidak akan memperoleh ilmu yang bermanfaat kecuali dengan 6 syarat yaitu : cerdas, semangat, sabar, biaya, memuliakan ustadz, dan waktu yang lama”.

1. Cerdas
Dalam mencari ilmu sesorang haruslah berpikir kritis / cerdas dalam menuntut ilmu. Kecerdasan sangatlah dibutuhkan agar ilmu dapat diterima dengan baik dan optimal.
2. Semangat
Seorang murid seyogyanya bersungguh-sungguh, optimis, memiliki semangat dalam belajar. Karena rasa optimisme inilah ada suatu keinginan yang kuat dalam dirinya untuk mencapai ilmu yang ia inginkan.
3. Sabar
Butuh kesabaran bagi seseorang yang menuntut ilmu. Ilmu tidak dapat diperoleh secara langsung ke otak, semua tergantung otak dalam menyerap ilmu yang dipelajarinya.
4. Biaya
Finansial merupakan faktor dasar dalam pendidikan saat ini. Untuk memasuki sekolahan, pesantren, kampus maupun yang lainnya sangatlah membutuhkan biaya yang bahkan tidak kecil nominalnya.
5. Memuliakan Ustadz / Guru
Ta’dzim atau menghormati ustadz sangatlah penting karena melalui perantara beliaulah seorang murid bisa memperoleh ilmu.
6. Waktu yang Lama
Memang membutuhkan waktu yang lama bahkan tidak ada batas dalam mencari ilmu. Bahkan sering kita dengar kata-kata mutiara (اطلبوا العلم من المهد الى اللحد  /  tuntutlah ilmu sejak dini hingga mati)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar