1. Pengertian Metode Latihan
Metoda
adalah cara yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran dalam upaya
mencapai tujuan. Dewasa ini aktivitas guru yang bertindak sebagai
fasilitator dan pembimbing bagi siswa. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran
(2002: 22) juga sesuai dengan petunjuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar
kelas. Tentang pengertian metoda latihan ialah latihan siap sangat sesuai
untuk melatih keterampilan, baik keterampilan fisik maupun mental dan menurut
pendapat Syaiful Sagala dan Subana (217: 202).
Metode latihan merupakan suatu cara mengajar yang baik
untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan tertentu. Latihan adalah suatu teknik
mengajar yang mendorong siswa untuk melaksanakan kegiatan latihan agar memiliki
ketangkasan / keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang dipelajari.
2. Fungsi dan
Manfaat Metoda Latihan
Latihan siap atau drill sesuai untuk keterampilan, baik
keterampilan fisik maupun keterampilan mental karena dengan latihan, sesuatu
keterampilan dapat dikuasai. Beberapa
hal yang yang harus diperhatikan dalam penggunaan teknik latihan.
- Sifat latihan berbeda dengan latihan sebelumnya, karena situasi dan pengaruh latihan berbeda. Hal itu mendatangkan kondisi, respon serta tanggapan yang berbeda.
- Penilaian latihan dengan keseluruhan pelajaran disekolah perlu dikaitkan agar siswa ada dorongan motivasi untuk mengetahui tujuan latihan serta kaitannya dengan pelajaran sehingga dapat memanfaatkannya dalam kehidupan.
Sudjana
dan Syaiful Sagala (86: 217) mengatakan: Penilaian pada umumnya digunakan untuk
memperoleh keterangan suatu keterampilan dari apa yang telah dipelajari dan
sebagai sarana untuk membantu siswa menguasai keterampilan secara tepat dalam
perilaku yang cepat dan otomatik.
Subana
(202: 203) ia berhubungan dengan pembentukan kemahiran motoris (fisik) ataukah
kemahiran yang bersifat penyesuaian seperti kemahiran untuk memecahkan suatu
soal atau kecakapan dalam penyelesaian diri terhadap suatu situasi (petunjuk
pelaksanaan mengajar, 21: 22).
Agar dapat
mencapai tujuan yang diharapkan, guru harus memperhatikan dari pihak anak
didik, yaitu mereka memiliki dorongan minat dan perhatian terhadap apa yang
sedang dipelajari, pelaksanaan metoda latihan harus tetap diusahakan
mengembangkan minat dan meningkatkan kemampuan anak didik.
Sumber Bacaan:
- Karli, H. dan Sri Yulirtianingsih, M (2002), Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta; Bina Media Informasi
- Mulyana, E (2003), Strategi Pembelajaran dan Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa, Makalah, Bandung, PP BPG.
- Sagala, Syaiful (2003), Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung; Alfabeta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar