Kami ucapkan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada para pengunjung setia Blog ini. Semoga Anda semua selalu dilimpahkan rezeki oleh Allah SWT, AAmiin.

Jumat, 18 Mei 2012

10 Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Tidur (I)


detail berita

GANGGUAN tidur disebabkan oleh banyak hal. Demikian juga menu makan malam. Salah menu di malam hari pun dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Banyak orang yang menyukai adanya hidangan ringan sebelum akhirnya memutuskan untuk tidur. Ada beberapa makanan yang dapat membantu Anda cepat terlela, tapi ada juga yang menyebabkan malapetaka pada waktu istirahat malam Anda.

Semua orang menyukai Nosh malam hari sedikit, tapi apa Anda memutuskan untuk menggigit pada drastis dapat mempengaruhi seberapa baik Anda tidur. Sementara beberapa makanan membantu tidur Anda, orang lain (pilihan lemak atau berminyak) dapat mendatangkan malapetaka pada istirahat Anda.

Berikut adalah menu-menu yang baiknya Anda hindari jika tak menginginkan masalah pada kesehatan, sebagaimana dilansir Foxnews, Kamis (17/5/2012):

1. Es krim

Semangkuk es krim mungkin bisa saja terasa "teman pengiring" tidur yang nikmat sebelum akhirnya tidur nyenyak. Tapi jika berlebihan kesehatan jangka panjang Anda lah ancamannya.

Mau tahu alasannya? Hal ini dikarenakan, pada umumnya es krim merupakan santapan yang sarat dengan lemak. Jika Anda mengonsumsinya terlampau banyak sebelum tidur, maka Anda tidak akan membrikan tubuh Anda cukup waktu untuk membakar seluruh kalori dari es krim yang Anda nikmati tersebut.

Apa dampaknya? Gula yang dikandung es krim akan memompa tubuh Anda menjadi sangat berenergi dan susah untuk tidur.

Selain itu, gula hanya akan disimpan dalam tubuh dan berubah menjadi lemak.

Hal ini pun menjadi peringatan bahwa menyantap makanan-makanan manis sebelum tidur akan dapat menjerumuskan Anda kepada malapetaka.

2. Seledri

Melihat seledri dalam daftar ini mungkin mengejutkan Anda, tapi ada alasan sederhana untuk itu: seledri adalah diuretik alami. Apa itu artinya? Itu adalah hal yang akan membuat Anda buang air kecil sedikit lebih sering dari biasanya.

Diuretik meningkatkan laju buang air kecil karena mereka mendorong air melalui sistem. Jadi, jika Anda menyertakan seledri terlalu banyak ke dalammenu makanan sebelum tidur, besar kemungkinan Anda terbangun untuk sering mampir ke belakang.

Kendati demikian seledri memang sayuran yang kaya nutrisi untuk tubuh, tetapi demi tidur yang nyaman hindari mengonsumsinya menjelang tidur.

3. Aneka pasta

Pasta adalah menu santapan yang cepat disajikan dan mudah membuat ngantuk. Tapi pasta bukanlah makanan ringan yang ideal di malam hari.

Pasta merupakan sumber karbohidrat, jika Anda tidur setelah memakannya, maka pasta yang Anda makan akan berubah menjadi lemak. Selain itu, dalam sebuah menu pasta, akan ada banyak topping tambahan seperti keju dan krim kental, semuanya akan menambah timbunan lemak dalam tubuh.

Pasta juga memiliki indeks glikemik paling tinggi, yang berarti lebih mungkin meningkatkan gula darah, menunda kenyamanan saat tidur dan dapat membuat Anda terbangun di malam hari akibat rasa tak nyaman di perut.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar