Kami ucapkan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada para pengunjung setia Blog ini. Semoga Anda semua selalu dilimpahkan rezeki oleh Allah SWT, AAmiin.

Rabu, 02 Mei 2012

Cara Ampuh Cegah Kanker




detail berita 
INGIN sehat dan bebas dari penyakit kanker? Saatnya konsumsi sayuran dan buah sejak Anda berusia muda.
"Pada prinsipnya, makan harus memperhatikan tiga hal. Keberagaman, keseimbangan, dan keamanan," tutur Prof Dr Ali Khomsan, pakar nutrisi dari Institut Pertanian Bogor saat dihubungi Okezone melalui telepon genggamnya, Rabu (02/04/2012).


Dalam hal mencegah kanker, misalnya, keberagaman makanan sehat dapat membantu menghindari pembentukan sel kanker.


"Ada makanan-makanan yang dapat mencegah kanker. Tetapi hanya dapat membantu mencegah dan menunda pembentukan kanker dalam tubuh, tidak dapat menyembuhkan jika sudah ada kanker," jelasnya.

Kanker sendiri merupakan penyakit ganas yang disebabkan faktor genetik dan gaya hidup. Gaya hidup tak sehat yang mengacuhkan pola makan tak sehat memicu potensi pembentukan sel kanker dalam tubuh.

"Masih muda jaga makan dengan baik, agar saat usia senja masih tetap sehat, bugar, dan jauh dari kanker," ucapnya.

Ahli nutrisi yang sering menjadi narasumber di berbagai seminar kesehatan ini pun memaparkan prinsip makan sehat, di antaranya:

Keberagaman

Mengonsumsi makanan harus beragam, dasarnya rumus empat sehat lima sempurna. Tetapi untuk mendapat protein tidak selalu dari tahu saja, sesekali juga harus diganti ikan atau telur.

Begitu juga untuk mencegah kanker. Makanan sahabat kanker pada dasarnya sayur dan buah karena mengandung antioksidan. Semua sayuran dan buah-buahan berwarna memiliki kandungan antioksidan dengan nama masing-masing.

- Keseimbangan

Cara mengetahui keseimbangan makanan yang dikonsumsi apabila berat badan memenuhi standar. Jika Anda makan dan menjadi gemuk, itu menandakan ada ketidakseimbangan, asupannya terlalu banyak. Begitu juga sebaliknya, Anda sudah makan, tetapi berat badan menurun.

- Keamanan

Pastikan makanan yang dikonsumsi bebas dari zat kimiawi yang sengaja ditambahkan. Misalnya, Anda tahu bahwa tahu yang beredar di pasaran banyak yang menggunakan bahan pengawet tak aman, seperti formalin, jadi batasi konsumsi tahu. Miliki protein dari sumber lainnya.

Begitu juga dengan sayur dan buah yang disinyalir terdapat pestisida. Maka, cuci sayur dan buah sebelum dikonsumsi hingga bersih. Caranya, cucilah di air kran yang mengalir karena banyak pestisida yang sifatnya larut air. Rebus juga sayur ketika hendak dimakan untuk mengurangi risiko cemaran biologis, seperti cacing dan telur cacing.
(tty)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar