Kami ucapkan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada para pengunjung setia Blog ini. Semoga Anda semua selalu dilimpahkan rezeki oleh Allah SWT, AAmiin.

Rabu, 23 Mei 2012

Makanan Yang Perlambat Kerja Otak

detail berita
MAKANAN dibutuhkan guna menambah tenaga. Makanan tertentu juga memberi pengaruh pada fungsi otak.

Beberapa makanan ternyata menjadikan otak kurang tajam. Apa saja? Simak lima makanan dimaksud, seperti dilansir Readers Digest:

Gula

Bukan jadi rahasia lagi bila kelebihan asupan gula akan membuat otak sulit berkonsentrasi. Sebaiknya, ganti konsumsi gula dengan bahan makanan yang memiliki kadar gula alami atau kaya omega-3, seperti ikan salmon, kenari, dan kedelai.


Daging merah dan mentega

Menurut penelitian Harvard University, pola makan yang terlalu banyak asupan tinggi lemak menyakiti fungsi otak Anda. Penelitian mengamati kebiasaan makan dan menguji fungsi otak 6.000 wanita selama kira-kira empat tahun. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi banyak sumber makanan tinggi lemak, nilai fungsi otak dan memorinya lebih rendah dibandingkan wanita yang lebih banyak mengonsumsi makanan rendah lemak (seperti minyak zaitun dan alpukat).

Anda memang tidak perlu menghindari makanan lemak jenuh, tapi ganti dengan asupan rendah lemak, seperti keju, yogurt, dan susu. Hindari pula asupan daging olahan, seperti daging asap, dan gantikan dengan sumber protein nabati, seperti kacang-kacangan.

Kentang, pizza, dan junk food lainnya

Menu-menu ini memang enak rasanya, prosesnya pun tidak lama. Namun jika konsumsinya berlebihan, apalagi pada anak-anak, maka jangan salahkan mereka bila saat besar IQ-nya lebih rendah dari teman sebayanya yang mengonsumsi makanan sehat.

Masih banyak olahan lain yang lebih sehat selain junk food. Memang, anak-anak selalu menyukai makanan gurih, Anda bisa memberinya keju maupun yogurt sebagai camilannya.

Permen karet

Menggelembungkan permen karet ternyata berpengaruh pada kekuatan otak. Bila terlalu sering, kesenangan ini melambatkan kerja otak, tapi memang bermanfaat pada fungsi mental. Anda boleh saja konsumsi permen karet, tapi biasakan mengonsumsi air putih sebelumnya agar tidak terjadi dehidrasi.

Diet rendah karbohidrat

Mengontrol makanan, jangan lupakan konsumsi karbohidrat. Bila dihilangkan, kemampuan otak bisa melemah. Perlu diketahui, karbohidrat tidak jahat untuk tubuh. Pilihlah asupan makanan yang lebih sehat, seperti pasta, roti gandum, beras merah, dan quinoa.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar