Kami ucapkan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada para pengunjung setia Blog ini. Semoga Anda semua selalu dilimpahkan rezeki oleh Allah SWT, AAmiin.

Selasa, 29 Mei 2012

Informasi PLPG Tahap 2

Nah kalau kemarin admin menulis informasi PLPG, sekarang apa saja yang harus disiapkan berangkat menuju PLPG ? PLPG merupakan langkah kedua setelah guru lolos UKA. PLPG harus dihadapi dengan penuh suka cita oleh para guru. Ada harap dan ada cemas dalam diri guru. Jangan khawatir, PLPG merupakan sebuah kegiatan pelatihan dan pendidikan yang diakhir dengan tes. Itu berarti seperti guru ketika dahulu kuliah, prajabatan, inservice training, penataran, atau apalah namanya. Jadi, mengapa harus harap cemas. Yang penting persiapkan diri lahir batin untuk bertekad mengembangkan diri menjadi guru sejati.

Bagaimana cara mempersiapkan semua itu agar berjalan lancar ?
1. Percayalah, sistem PLPG tidak memungkinkan jalan belakang makanya lewat jalan depan saja alias ikuti dari awal sampai akhir. So lurus saja

2. Asesor bukan hantu yang menakutkan melainkan kawan pendamping yang akan memandu sampai selesai dari hari ke hari. Santai saja... bisa diajak sharing juga kok


3. Ikuti terus perkembangan informasi dari jalur resmi, seperti : situs www.sg.unesa.ac.id dari waktu ke waktu. Dalam situs itu, informasi terbaru akan selalu diunggah.

4. Patuhi ketentuan untuk peserta PLPG. Ketentuan dalam bentuk tata tertib itu sebenarnya untuk memudahkan dan berkonsentrasi peserta PLPG. Jadi, tata tertib bukan penghalang melainkan penunjang. 

5. Ini yang penting bawalah buku, RPP, silabus, dan acuan tulis yang lainnya (bisa berupa file usahakan sudah disiapkan sebelumnya). Siapa tahu akan membantu peserta saat lokakarya di kelas.

6. Pelajari denah lokasi agar tidak terlambat. kalau di Jatim PLPG Unesa bertempat di tiga lokasi, yakni STKIP PGRI Jombang di Jalan Ahmad Dahlan, dekat alun-alun Jombang. Ke lokasi itu, turun saja stasiun lalu naik becak. Lokasi berikutnya di Tuban, yakni SMPN 6 dan 7. Berikutnya di gedung PPG Unesa yang terletak di kampus lidah. Gedung PPG terlihat paling menonjol di kampus lidah soalnya gedung baru dan tertinggi (9 lantai). Dari kejauhan, gedung PPG paling kelihatan.

7. Ingin berhasil dan sukses PLPG, syarat paling pas adalah bergembiralah, senang, dan bahagia dalam mengikuti PLPG (selalu senyum). Hilangkan pikiran negatif dan perasaan susah.

8.  Sertifikasi Guru Tahun 2012 berbasiskan prodi LPTK penyelenggara, sehingga peserta yang mengikuti PLPG pada suatu rayon LPTK tidak hanya berasal dari daerah tempat LPTK berada, akan tetapi juga dari daerah/provinsi lain yang prodinya tidak ada pada LPTK di daerah/provinsi tersebut. Pelaksanaan PLPG Gelombang I Rayon 114 Universitas Negeri Surabaya Tahun 2012, diharapkan kehadiran peserta mulai tanggal 25 Mei s.d. 3 Juni 2012. Check in peserta tanggal 25 Mei 2012 pukul 14.00 s.d. 17.00. Untuk kelancaran pelaksanaan PLPG Gelombang I.

Perhatikan hal-hal sebagai berikut: Segera melapor kepada Panitia Sertifikasi Guru (PSG) khusus Jatim Rayon 114 Universitas Negeri Surabaya (UNESA) di Hotel yang telah ditentukan dengan menyerahkan:
(a) Surat Tugas dari Kepala Sekolah/Atasan langsung sebagai peserta PLPG Rayyon 114 UNESA;
(b) Surat Pernyataan sanggup mengikuti PLPG selama 10 hari;
(c) Surat Keterangan Sehat dari dokter;
(d) Pas Foto 3 x 4 berwarna, terbaru; Bagi peserta yang memiliki ASKES supaya dibawa Bagi peserta yang mengalami gangguan kesehatan khusus, membawa obat-obatan pribadi Bagi guru kelas dan guru mata pelajaran membawa: buku kurikulum, referensi, silabus, RPP, contoh laporan/proposal PTK yang relevan dan laptop untuk dipergunakan dalam workshop Bagi guru BK mebawa: buku-buku yang berkaitan dengan BK, Permendiknas No. 27 Tahun 2008, Program Penyelenggara BK, contoh laporan pelaksanaan BK, contoh instrumen asesmen, contoh media, pendukung penyelenggaraan BK,, contoh laporan/proposal PTK dan laptop untuk dipergunakan dalam workshop Membawa berbagai media yang direncanakan untuk kegiatan peer teaching Selama pelaksanaan PLPG berpakaian sopan, rapi, dan tidak memakai sandal Peserta tiidak disiapkan transportasi dari hotel ke tempat pelatihan. Ingat agar semua masukan informasi seputar PLPG ini menjadi pertimbangan dan teman-teman yang ikut PLPG harap benar-benar memperhatikannya.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar