Kami ucapkan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada para pengunjung setia Blog ini. Semoga Anda semua selalu dilimpahkan rezeki oleh Allah SWT, AAmiin.

Sabtu, 26 Mei 2012

240 Siswa SMA dan SMK Tak Lulus Ujian Nasional

JAKARTA - Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto mengatakan sebanyak 240 siswa SMA dan SMK di Jakarta tidak lulus ujian nasional. "Resminya akan diumumkan nanti malam di situs masing-masing sekolah pada pukul 00.01 nanti malam," kata Taufik ketika dihubungi Tempo, Jumat, 25 Mei 2012. Selain lewat situs Web masing-masing sekolah, pengumuman akan dilakukan pula melalui telepon, pesan pendek, surat, dan e-mail.

Menurut Taufik, ada 240 siswa SMA sederajat yang tak lulus UN. Jumlah itu terdiri dari 190 siswa dari 54.466 peserta UN SMA/madrasah aliyah dan 50 siswa SMK dari 64.986 peserta UN SMK. Menurut Taufik, terjadi peningkatan kelulusan siswa dibandingkan tahun lalu. "Tahun lalu ada 251 siswa yang tak lulus ujian nasional," katanya.

Taufik mengatakan lebih besarnya siswa SMK yang lulus menunjukkan bahwa pendidikan di SMK Jakarta tak kalah dengan pendidikan di SMA. Dia juga mengimbau para siswa agar merayakan kelulusan dengan tertib. "Tidak usah pakai konvoi dengan sepeda motor atau coret-coret baju sekolah," katanya.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan peningkatan kelulusan siswa menunjukkan peningkatan kualitas pendidikan di Jakarta. "Ada peningkatan nol koma sekian persen untuk kelulusan siswa," katanya seusai pertemuan dengan Klub Sepak Bola Inter Milan.

Fauzi melarang sekolah di DKI Jakarta yang menahan ijazah kelulusan siswa. "Kalau masih ada yang menahan, laporkan. Sekolah yang bersangkutan akan dikenakan sanksi," katanya. Kasus penahanan ijazah yang sering terjadi di SMA DKI Jakarta, kata dia, tidak boleh berulang.

Larangan ini juga berlaku bagi ijazah kelulusan siswa SD dan SMP. "Ijazah kelulusan adalah hak siswa, jangan sampai dilanggar," katanya. Adapun pengumuman kelulusan tingkat SMP akan disampaikan pada 2 Juni 2012 dan tingkat SD akan diumumkan pada 16 Juni 2012 mendatang.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar