Ketika
mengajar adalah hal yang kompleks dan karena murid-murid itu
bervariasi, maka tidak ada cara tunggal untuk mengajar yang efektif
untuk semua hal. Guru harus menguasai beragam perspektif dan strategi,
dan harus bisa mengaplikasikannya secara fleksibel. Hal yang dibutuhkan
dua hal utama yaitu: (1) Pengetahuan dan keahlian profesional; (2)
komitmen dan motivasi.
Pengetahuan dan Keahlian Professional
Guru
yang efektif menguasai materi pelajaran dan keahlian atau keterampilan
mengajar yang baik. Guru yang efektif memiliki strategi pengejaran yang
baik dab didukung oleh metode penetapan tujuan, perencanaan pengajaran,
dan manajemen kelas. Mereka tahu bagaimana memotivasi, berkomunikasi,
dan berhubungan secara efektif dengan murid-murid dari berbagai latar
belakang kultural. Mereka juga mengetahui cara menggunakan teknologi
yang tepat guna di dalam kelas. Berikut adalah masing-masing penjelasan
dari beberapa kriteria di atas.
1. Penguasaan materi pelajaran
Guru
yang efektif harus berpengetahuan, fleksibel, dan memahami materi.
Tentu saja, pengetahuan subjek materi tidak hanya mencakup fakta,
istilah, dan konsep umum. Ini juga membutuhkan pengetahuan dasar
pengorganisasian materi, mengkaitkan berbagai gagasan, cara berpikir dan
berargumentasi.
2. Strategi Pengajaran
Dalam
hal ini bagaimana guru dapat membuat pengajaran materi dapat dikuasai
oleh murid. Pada pendidikan model lama (tradisional) terlalu menekankan
murid harus duduk diam, menjadi pendengar pasif dan menyuruh murid untuk
menghafal informasi yang relevan dan tidak relevan. Kemudian berganti
pada prinsip konstruktivisme, yaitu menekankan agar murid secara aktif
menyusun dan membangun pengetahuan dan pemahamannya. Namun tidak semua
ahli setuju dengan cara di atas, tetapi yang terpenting adalah walaupun
anda menggunakan salah satu strategi di atas, masih banyak hal yang
harus diketahui, hal-hal yang memberikan pengaruh dalam pengajaran yang
efektif.
3. Penetapan tujuan dan keahlian perencanaan instruksional
Guru
yang efektif tidak sekadar mengajar di kelas, entah dia menggunakan
perspektif tradisional atau konstruktivisme di atas. Mereka juga harus
menentukan tujuan pembelajaran dan menyusun rencana untuk mencapai
tujuan itu.
4. Keahlian manajemen kelas
Aspek
penting lainnya untuk menjadi guru yang efektif adalah mampu menjaga
kelas tetap aktif bersama dan mengorientasikan kelas ke tugas-tugas.
Guru yang efektif dapat mempertahankan lingkungan belajar yang kondusif.
5. Keahlian motivasional
Guru
yang efektif mempunyai strategi yang baik untuk memotivasi murid agar
mau belajar. Guru yang efektif tahu bahwa murid akan termotivasi saat
mereka bisa memilih sesuatu yang sesuai dengan minatnya. Guru yang baik
akan memberi kesempatan murid untuk berpikir kreatif dan mendalam untuk
proyek mereka sendiri.
6. Keahlian komunikasi
Hal
yang perlu diperlukan untuk mengajar adalah keahlian dalam berbicara,
mendengar, mengatasi hambatan komunikasi verbal, memahami komunikasi non
verbal dari murid, dan memapu memecahkan konflik secara konstruktif.
7. Bekerja secara efektif dengan murid dari berbagai kultur yang berbeda
Guru
yang efektif harus mengetahui dan memahami anak dengan latar belakang
kultural yang berbeda-beda, dan sensitif terhadap kebutuhan mereka.
Mendorong murid satu dengan murid yang lain untuk berhubungan positif.
8. Keahlian teknologi
Guru
yang efektif tahu cara menggunakan komputer dan cara mengajar murid
menggunakan komputer untuk menulis dan berkreasi. Teknologi itu sendiri
tidak selalu meningkatkan kemampuan belajar murid perlu kesesuaian
antara kurikulum dengan teknologi yang sesuai dalam pengajaran.
9. Komitmen dan Motivasi
Menjadi
guru yang efektif juga membutuhkan komitmen dan motivasi. Aspek ini
mencakup sikap yang baik dan perhatian kepada murid. Komitmen sangat
dibutuhkan dalam pengajaran, bagaimana guru memberikan tenaga dan
pikiran untuk memberikan pengajaran yang dapat diterima oleh murid
dengan baik. Guru yang efektif juga mempunyai kepercayaan diri terhadap
kemampuan mereka dan tidak akan membiarkan emosi negatif melunturkan
motivasi mereka.
Daftar Pustaka
Santrock, John, W. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencan Prenada Media Group
Tidak ada komentar:
Posting Komentar